Review Jurnal
Judul Jurnal : The Effect of Active Learning
on Student Characteristic in
A Human Physiology Course For Nonmajors
A Human Physiology Course For Nonmajors
Volume & Halaman : Volume 27: Number 4 Hal 207-223
Tahun : 2003
Penulis : R. Russell Wilke
Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk melihat efek dari strategi pembelajaran yang
aktif terhadap pencapaian, motivasi dan self efficacy mahasiswa dalam kursus
fisiologi untuk nonmajor. Subjek penelitian sebanyak 200 siswa dalam fisiologi
manusia di penelitian ini tapi karena tingkat subjek yang memenuhi kriteria
jadi hanya 141 siswa yang mampu mengikuti penelitian ini. Penelitian ini
dilatar belakangi oleh tingkat pendidikan yang memerlukan perbaikan,
beberapa lembaga pita biru telah melaporkan
bahwa mahasiswa AS cenderung diajarkan dengan metode yang pasif. Hal ini tidak
mengherankan bahwa mahasiswa menjasi kurang relevansi, nilai dan makna dari
konten ilmu pengetahuan maka dari itu diperlukan pembelajaran yang aktif untuk
mahasiswa agar mahasiswa lebih aktif dalam belajar dan tidak merasa bosan dalam
belajar
Bonwell
dan Eison mengemukakan bahwa belajar aktif melibatkan siswa dalam belajar,
mengurangi penekanan pada siswa dan lebih mengembangkan pengetahuan transisi
dan pengembangan keterampilan sains siswa, melibatkan siswa dalam keterampilan
berpikir kritis, mengajak siswa bereksplorasi dan belajar dengan
sikap,nilai-nilai dan keyakinan dala proses belajar. Belajar dengan aktif
mempromosikan pada proses pembelajaran tingkat tinggi untuk memajukan ilmu
pengetahuan bukan dalam menghafal, belajar dnegan aktif mampu meningkatkan self
efficacy atau keyakinan pada siswa, siswa menjadi tanggung jawab, siswa mampu
melibatkan pengalaman masa lalu dalam proses belajar.
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan
menggunakan model The Solomon Four Group Design dan strategi kuesioner MSLQ.
Secara keseluruhan penelitian ini mengajak mahasiswa untuk belajar dengan aktif
agar mampu meningkatkan self efficacy dalam diri, meningkatkan motivasi belajar
dan semua aspek menunjukkan hasil yang signifikan berdasarkan hasil penelitian
yaitu mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran aktif dapat meningkatkan
prestasi belajar dan keinginan untuk belajar dengan penuh aktif dan
termotivasi.
Comments
Post a Comment