Review Jurnal

Judul Jurnal                 : The Effect of Active Learning on Student Characteristic in
               A Human Physiology Course For Nonmajors
Volume & Halaman     : Volume 27: Number 4 Hal 207-223
Tahun                          : 2003
Penulis                        : R. Russell Wilke

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat efek dari strategi pembelajaran yang aktif terhadap pencapaian, motivasi dan self efficacy mahasiswa dalam kursus fisiologi untuk nonmajor. Subjek penelitian sebanyak 200 siswa dalam fisiologi manusia di penelitian ini tapi karena tingkat subjek yang memenuhi kriteria jadi hanya 141 siswa yang mampu mengikuti penelitian ini. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pendidikan yang memerlukan perbaikan, beberapa  lembaga pita biru telah melaporkan bahwa mahasiswa AS cenderung diajarkan dengan metode yang pasif. Hal ini tidak mengherankan bahwa mahasiswa menjasi kurang relevansi, nilai dan makna dari konten ilmu pengetahuan maka dari itu diperlukan pembelajaran yang aktif untuk mahasiswa agar mahasiswa lebih aktif dalam belajar dan tidak merasa bosan dalam belajar
Bonwell dan Eison mengemukakan bahwa belajar aktif melibatkan siswa dalam belajar, mengurangi penekanan pada siswa dan lebih mengembangkan pengetahuan transisi dan pengembangan keterampilan sains siswa, melibatkan siswa dalam keterampilan berpikir kritis, mengajak siswa bereksplorasi dan belajar dengan sikap,nilai-nilai dan keyakinan dala proses belajar. Belajar dengan aktif mempromosikan pada proses pembelajaran tingkat tinggi untuk memajukan ilmu pengetahuan bukan dalam menghafal, belajar dnegan aktif mampu meningkatkan self efficacy atau keyakinan pada siswa, siswa menjadi tanggung jawab, siswa mampu melibatkan pengalaman masa lalu dalam proses belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan model The Solomon Four Group Design dan strategi kuesioner MSLQ. Secara keseluruhan penelitian ini mengajak mahasiswa untuk belajar dengan aktif agar mampu meningkatkan self efficacy dalam diri, meningkatkan motivasi belajar dan semua aspek menunjukkan hasil yang signifikan berdasarkan hasil penelitian yaitu mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran aktif dapat meningkatkan prestasi belajar dan keinginan untuk belajar dengan penuh aktif dan termotivasi.


Comments

Popular posts from this blog

ex-clasmate VIII.1 athirah

R.I.P SENIOR :''((